Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

metode dan teknik dasar pembuatan kue

metode dan teknik dasar pembuatan kue - dalam dunia pastry dan bakery ada beberapa teknik dan metode dalam membuat kue, teknik dan metode ini digunakan sesuai dengan resep dan bahan baku yang akan digunakan. inilah ilmu dasar yang harus anda ketahui.

metode dan teknik dasar pembuatan kue

sehingga anda bisa mengetahui teknik  dan metode mana yang akan anda gunakan, walau pun anda hanya mengetahui bahan-bahannya saja tanpa membaca cara membuatnya. metode dan teknik dasar pembuatan kue

metode dan teknik dasar pembuatan kue

rub in method 
metode dan teknik dasar pembuatan kue
rub in method
teknik dan metode ini adalah asal muasal dari semua teknik dan metode, karena pada jaman dahulu belum mengenal mixer, rub in method adalah teknik dan metode membuat kue dengan cara mengaduk butter, mentega, atau margarin dan gula lebih dahulu, dengan menggunakan telapak tangan, sampai kemudian tambahkan tepung, aduk lagi dengan cara menggesek tangan, sampai adonan menjadi butir butir halus, kemudian terakhir masukan cairan, baik telur, susu atau bahan tambahan lainnya 

metode ini biasa digunakan untuk pembuatan short crush pastry seperti pie, tart, tartlet, maupun cookies.

hasil akhir yg didapat dgn teknik dan metode ini adalah kue atau product menjadi crispy atau renyah, padat di luar, tapi ketika masuk mulut langsung hancur, dan meninggalkan sensasi tersendiri. ( melt in the mouth )

Sugar Batter Method 

teknik dan metode ini adalah teknik dan metode membuat kue dengan cara mengocok gula dan mentega, margarin atau butter terlebih dahulu sampai benar benar mengembang kemudian ditambah telur satu per satu supaya tidak pecah, dan diakhiri dengan tepung. 

kunci kenerhasilan teknik ini adalah
  • pengocokan mentegamargarin atau butter dengan gula sampai benar benar mengembang 
  • penambahan telur tidak sampai pecah 
  • pengocokan tepung dengan kecepatan pelan dan tidak telalu lama 
teknik dan metode ini paling sering digunakan untuk segala jenis resep yang komposisi gula dan mentegamentegamargarin atau butter ) nya lebih banyak daripada telur. misalnya kue bolu, butter cake, english cake, dll

flour dan butter method 

teknik dan metode ini adalah teknik / metode membuat kue, dimana mentegamentegamargarin atau butter ) dikocok terlebih dahulu hingga benar benar mengembang, kemudian telur, gula dan tepung ditambah emulsifier dikocok di tempat berbeda sampai mengembang.

terakhir mentegamentegamargarin atau butter ) yang sudah mengembang ditambahkan kedalam adonan yang kedua, dikocok dengan kecepatan pelan, supaya adonan tidak turun lg.

teknik dan metode ini digunakan pada pembuatan lapis surabaya, lapis malang dan sejenisnya 


blending methode 

teknik dan metode ini merupakan pengembangan dari teknik rub in method. pertama mentegamentegamargarin atau butter ) dikocok sampai putih, kemudian ditambahkan sebagian tepung. kedua telur dan gula dikocok sampai putih, kemudian masukan ke adonan pertama dan yg terakhir masukan sisa tepung. 


Sponge methode 

teknik dan metode pengocokan telur dan gula terlebuh dahulu dengan kecepatan tinggi hingga benar2 kaku, setelah kaku masukan tepung terigu, aduk pelan supaya tidak turun, dan yang terakhir, masukan mentega ( mentegamargarin atau butter ) yang telah di lelehkan .
biasa digunakan dalam pembuatan sponge cake dan sponge roulade


all in methode 

teknik pengocokan semua bahan-bahan dengan bantuan emulsifier, dan di akhiri dengan memasukan mentega yang telah dilelehkan.

terima kasih telah membaca artikel tentang metode dan teknik dasar pembuatan kue