Posts

Showing posts from October, 2015

teknik rahasia dan metode yang digunakan dalam proses pembuatan roti

Image
teknik rahasia dan metode yang digunakan dalam proses pembuatan roti - dalam pengolahan produk roti dan sejenisnya, ada beberapa teknik dalam pembuatan roti, semua teknik pada dasarnya sama yaitu pengoptimalan fermentasiyeast atau ragi. pastry dan bakery teknik rahasia dan metode yang digunakan dalam proses pembuatan roti ada 3 teknik atau metode yang biasa dipakai oleh para baker didunia teknik dan metode yang digunakan pada proses pembuatan roti 1. Sponge and Dough Method. teknik dan metode proses pembuatan roti - sponge and doughadalahketika penggunaan gula dan ragi atau yeast yang sedikit, tetapi roti bisa mengembang dengan optimal, kulit keras,  remah sedikit dan tekstur dalam roti sangat lembut, maka tak salah lagi teknik ini sangat disukai para baker didunia. teknik rahasia dan metode yang digunakan dalam proses pembuatan roti
cara membuat sponge and dough ada 3 yaitu tahap pertama yaitu proses pembuatan sponge, sponge disini adalah adonan yang dibuat telebih dahulu dengan mencampu…

resep buche de noel atau yule log cake , kue batang kayu khas natal

Image
resep buche de noel atau yule log cake , kue batang kayu khas natal - Buche de Noel (atau Yule Log)adalah dessert tradisional asal Prancis yg biasanya disajikan pada saat Natal. Kue ini amat sangat unik karena bentuknya yg mirip dengan batang pohon. Kue yule log atau Buche de Noel ini telah ada sejak abad ke-12 di Prancis. pastry dan bakery buche de noel atau yule log cake, kue batang kayu khas natalresep buche de noel atau yule log cake , kue batang kayu khas natalKue yule log atau Buche de Noel menggambarkan kebiasaan penduduk setempat yg menebang pohon Yule. bagian atas pohon Yule ini bisa dibuat pohon natal sementara bagian bawahnya dijadikan kayu perapian.
Buche de Noel ini biasanya terbuat dari roll cake (bolu gulung) & selai buah yg bagian luarnya dilapisi dgn butter cream berwarna coklat buat mencetak serat-serat kayunya & daunnya dari marzipan. Bagi Kamu yg tertarik, bisa bikin sendiri, gampang kok asal tau dasar cara pembuatan kue. buche de noel atau yule log cake …

resep klepon kue basah tradisional indonesia

Image
resep klepon kue basah tradisional indonesia - kleponadalahmakanan tradisional indonesia, termasuk kategori jajanan pasar. klepon terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan air daun suji atau air daun pandan sehingga warnanya hijau, dan diisi dengan gula merah, tekturnya yang kenyal membuat kita ketagihan untuk menggigitnya. pastry dan bakery resep klepon kue basah tradisional indonesiaresep klepon kue basah tradisional indonesia - klepon sangat terkenal sampai ke negara tetangga, akan tetapi mereka menyebut klepon dengan nama onde-onde, seperti halnya film warkop DKI, pas adegan boneng ngerampok makan kelepon, dia menyebutnya onde-onde... hehehe.... resep klepon kue basah tradisional indonesiaresep klepon kue basah tradisional indonesia150 g tepung ketan1/4 sdt garam halus100 cc air dingin + 10 lembar daun pandan, blender ambil airnya50 g gula merah, iris tipis1 butir kelapa setengah tua, parut, kukus dan tambah sedikit garam cara membuat klepon kue basah tradisional indonesia cam…

resep dadar gulung kue basah tradisional indonesia

Image
resep dadar gulung kue basah tradisional indonesia kue ini trekenal karena kelembutan kulit dadarnya yang beraroma pandan, dan isinya yang manis dan gurih, sehingga rasanya ringan untuk dimakan berkali-kali. pastry dan bakery resep dadar gulung kue basah tradisional indonesia resep dadar gulung kue basah tradisional indonesia bahan kulit 125 gram tepung terigu50 gram tepung ketan(450 cc air + 2lembar pandan + 2lembar daun suji blender) saring1 pcs telur20 gram mentega leleh bahan isi 300 gram kelapa parut150 gram gula aren/gula merahvanili1/2 sdt garam1 lembar daun pandancara membuat resep dadar gulung kue basah tradisional indonesiauntuk kulit: aduk semua bahan, sampat tercampur rata, tambahkan mentega leleh.panaskan wajan datar, oles minyak, dan buatlah dadar tipisuntuk isi rebus gula merah, tambahkan sedikit air, masukan kelapa dan daun pandan, masak sampai matang terakhir, ambil selembar kulit,isi dengan 2 sendok kelapa, kemudian gulung.
selamat mencoba...
cara membuat resep dadar gulung …

resep arem arem kue basah tradisional indonesia

Image
resep arem arem kue basah tradisional indonesia - arem aremadalahmakanan sejenis lontong tetapi mempinyai isi sayuran atau daging didalam nya, dibungkus dengan daun pisang. pastry dan bakeryarem arem biasanya di jadikan bekal oleh para petani untuk mengganjal perut sebelum makan siang.  resep arem arem kue basah tradisional indonesiaresep arem arem kue basah tradisional indonesia bahan arem arem : 200 g beras600 ml santan2 lembar daun salamgaram isi arem arem 2 sdm minyak goreng3 siung bawang putih100 g ayam cincang100 g wortelgarampenyedap rasamerica cara membuat arem arem kue basah tradisional indonesiamasak beras, santan, dan daun salam, tambahkan garam secukupnya masak hingga airnya berkurang,,buat isi arem arem: tumis bawang putih, masukan ayam, masak hingga berubah warna, tambahkan wortel, kacang polong, garam, penyedap rasa dan merica, aduk hingga ratasiapkan daun pisang, beri 2 sendok makan adonan beras, isi dengan adonan isi, bungkus dengan daun pisang hingga padat, semat kedua…

resep risol ragout ayam dan sayuran

Image
resep risol ragout ayam dan sayuran - risol ragout ayam dan sayuran biasa disajikan untuk menemani susana santai, coffee break, atau arisan. pastry dan bakery resep risol ragout ayam dan sayuranmurah, tapi gak murahan mewah, tapi ga sulit membuatnya resep risol ragout ayam dan sayuranresep risol ragout ayam dan sayuran

bahan kulit risol ragout ayam dan sayuran
150 gr tepung terigu protein sedang1 butir telur1 kuning telur1 sdm margarin, butter atau mentega yang dilelehkan350 ml susu cair3/4 sdt garam

cara membuat kulit risol ragout ayam dan sayurancampurkan semua bahan aduk rata, bila menggumpal, bisa disaringpanaskan wajan anti lengket, oles minyak, buat dadar tipis sampai habis
bahan ragout ayam dan sayuran 150 gr dada ayam, rebus (suir, atau potong dadu)2 buah kentang, potong dadu kecil, rebus hingga agak empuk2 buah wortel, potong dadu kecil, rebus hingga agak empuk3 bawang merah, haluskan2 bawang putih, haluskan2 sdm margarin, butter atau mentega4-5 sdm tepung terigu250 ml susu cair 150 …

resep sosis solo kue basah tradisional indonesia

Image
resep sosis solo kue basah tradisional indonesia - sosis soloadalah salah satu macam dari berbagai kue basah tradisional indonesia atau jajanan pasar, sosis solo berbentuk seperti spring roll tetapi memiliki tekstur lembut layaknya kue dadar, dipadu dengan citarasa ayam yg gurih dan kaya akan rempah. pastry dan bakerysosis soloadalah salah satu makanan yang murah dan mudah dibuat untuk dijual resep sosis solo kue basah tradisional indonesiaresep sosis solo kue basah tradisional indonesia untuk 20 pcs
bahan kulit sosis solo5 pcs telur150 cc santan1 sdm tepung terigu0,5 sdt garam1 sdm mentega leleh cara membuat kulit sosis solo aduk rata semua bahan kulit sosis solopanaskan wajan datar anti lengket, olesi sedikit minyakbuat dadar yang tipis, sisihkan bahan isi sosis solo 250 g daging ayam, rebus kemudian suir2 lmbr daun jeruk1 lmbr daun salam1 batang sereh, memarkan1cm jahe, memarkan100 cc santan kental1 sdm tepung maizena1 pcs telur haluskan 5 buah bawang merah3 siung bawang putih1 sdt ke…

resep kue onde onde kue basah tradisional indonesia

Image
resep kue onde onde kue basah tradisional indonesia - kue basah tradisional indonesia ini memang cukup populer, terbuat dari tepung ketan yang diisi kacang hijau yang manis, dan atasnya dibalut wijen. sehingga menghasilkan sensasi kenyal dan manis. pastry dan bakery resep kue onde onde kue basah tradisional indonesia
resep kue onde onde kue basah tradisional indonesia yield 30 pcs.
bahan isi kue onde onde kue basah tradisional indonesia 200 g kacang hijau125 g gula pasirvanili250 cc air1 pcs daun pandan50 g margarine, butter atau mentega cara membuat isi kue onde onde kue basah tradisional indonesia rendam kacang hijau 2 jam, tiriskankukus kacang hijau sampai lunak, kemudian haluskanrebus air, vanili, pandan dan gula pasir, masukan kacang hijau dan margarine, butter atau mentegamasak hingga kalis,bulatkan menjadi 30 pcs bahan kulit kue onde onde kue basah tradisional indonesia 150 g tepung ketan25 g tepung sagu25 g gula pasir1 sdm garam100 ml air hangat1 sdm air kapur sirih150 g wijen ca…

metode dan teknik dasar pembuatan kue

Image
metode dan teknik dasar pembuatan kue - dalam dunia pastry dan bakery ada beberapa teknik dan metode dalam membuat kue, teknik dan metode ini digunakan sesuai dengan resep dan bahan baku yang akan digunakan. inilah ilmu dasar yang harus anda ketahui. metode dan teknik dasar pembuatan kue sehingga anda bisa mengetahui teknik  dan metode mana yang akan anda gunakan, walau pun anda hanya mengetahui bahan-bahannya saja tanpa membaca cara membuatnya. metode dan teknik dasar pembuatan kue metode dan teknik dasar pembuatan kuerub in method  teknik dan metode ini adalah asal muasal dari semua teknik dan metode, karena pada jaman dahulu belum mengenal mixer, rub in methodadalahteknik dan metodemembuat kue dengan cara mengaduk butter, mentega, atau margarin dan gula lebih dahulu, dengan menggunakan telapak tangan, sampai kemudian tambahkan tepung, aduk lagi dengan cara menggesek tangan, sampai adonan menjadi butir butir halus, kemudian terakhir masukan cairan, baik telur, susu atau bahan tambaha…

perbedaan kismis raisin currant dan sultana dan mana yang terbaik kualitas dan harga

Image
perbedaan kismis raisin currant dan sultana dan mana yang terbaikdalam dunia kuliner khususnya pastry dan bakery, kita harus mengetahui bahan baku apa saja yang kita gunakan, dan kalaupun sejenis, kita harus tahu mana yang terbaik, baik kualitas maupun harga nya. perbedaan kismis raisin currant dan sultana dan mana yang terbaik perbedaan kismis raisin currant dan sultanakismis raisin currant dan sultana pertama kali ditemukan di yunani, hal ini dikarenakan produk anggur pada saat itu terlalu melimpah, dan distribusi yg terbatas menyebabkan anggur berserakan dimana-mana, sehingga buah anggur itu harus dikeringkan supaya bermaanfaat dan lebih lama disimpan perbedaan kismis raisin currant dan sultana dan mana yang terbaik kualitas dan harga perbedaan kismis raisin currant dan sultana raisin

raisin atau kismisadalah manisan anggur berwarna hitam kecil yang dikeringkan, terbuat dari anggur hitam yang dikeringkan secara alami, warnanya hitam disebabkan oleh proses pengeringan alami. tekstu…

resep lapis talas bogor terbaik

Image
resep lapis talas bogor terbaik - kalo jalan jalan ke bogor, ga lengkap kalo gak mampir ke puncak, pulangnya beli lapis talas sangkuriang yang katanya no.1 di bogor. taukah anda bila ada lapis talas yang lebih enak di bogor, mampir saja ke hotel aston bogor yg berada di sebelah the jungle bogor. pastry dan bakery resep lapis talas bogor terbaik bila ga sempet mampir.... mmmnnnhhh.... coba aja buat dirumah, tp bahannya agak mahal ya, tp sebanding kok dengan hasil yg kita dapat. resep lapis talas bogor terbaik

resep lapis talas bogor terbaik ala hotel aston yield (20 X 20 X 6) atau  ΓΈ 18cm 3 Loyang bahan lapis talas bogor terbaik300 g butter150 g wysman butter
20 pcs kuning telur3 pcs telur utuh300 g icing sugar125 g tepung segitiga25 g maizena35 g emulsifier (biasanya saya pake quick75) kalo gak ada bisa diganti tbm, sp, atau ovaletvanilla essence (buat matiin bau telur yg luar biasa)
100 gram pasta talas selai strawberry
Cara Membuat lapis talas bogor terbaikKocok butter dan wysman butt…

perbedaan fungsi dan kegunaan antara TBM SP dan Ovalet serta pengembang pelembut dan emulsifier lainnya

Image
perbedaan fungsi dan kegunaan antara TBM SP dan Ovalet serta pengembang pelembut dan emulsifier lainnya - dalam pembuatan dunia pastry dan bakery kita sering menggunakan yang namanya TBM, SP, dan Ovalet. pada dasarnya semua sama, yaitu sebagai emulsifier yang membedakan adalah merk dagang atau brand.
a
bisnis baru sedia coklat kiloan murah kunjungi coklat kiloan murah
jadi TBM SP dan Ovalet bukanlah pengembang, melainkan Emulsifier. perbedaan fungsi dan kegunaan antara TBM SP dan OvaletTBM SP dan Ovalet - emulsifier adalah zat yang berfungsi untuk menstabilkan 2 zat yang berbeda antara minyak dan air, sehingga adonan lebih menyatu dan stabil, sehingga product yang dihasilkan lebih lembut dan mengembang, dan resiko gagal menjadi sangat sangat kecil. Fungsi dan kegunaan TBM SP dan Ovalet TBM SP dan OvaletTBMTBM adalah emulsifire yang mengandung bahan kimia mono dan digliserida, yang membuat tekstur cake lebih lembut, TBM biasanya digunakan untuk pada tahapan proses pencampuran antara me…

resep sambal goreng labu siam udang

Image
resep sambal goreng labu siam udang - yuk yang dikulkasnya ada labu siam, silahkan otak atik nih resep ajeeebbb... resep sambal goreng labu siam udang lebih enak n lembut dari sambel goreng tempe lho pastry dan bakery resep sambal goreng labu siam udang bahan sambal goreng labu siam udang 3 pcs labu siam, potong menurut selera8 ekor udang sedang, belah punggung1 buah cabai merah, iris tipis serong, goreng500 ml santan1 papan petai, iris iris jika suka3 pcs daun jeruk2 pcs daun salam2 batang serai, memarkan1 sdm air asam jawa5 sdm kecap manisGaram dan merica bubuk secukupnyapenyedap rasa3 sdm minyak, untuk menumis

bumbu yang dihaluskan untuk sambal goreng labu siam udang 5 pcs cabai merah besar8 pcs bawang merah5 pcs bawang putih5 pcs kemiri

cara membuat sambal goreng labu siam udang Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum.Masukkan daun jeruk, serai, dan daun salam, aduk rata.Masukkan labu siam dan udang, masak hingga udang berubah warna.Masukkan air asam jawa, kecap mani…

resep masakan ikan sehat tanpa minyak ala szechuan china

Image
resep masakan ikan sehat tanpa minyak ala szechuan china - kalau anda bosan dengan ikan bakar dan ikan goreng, cobalah ikan kukus ini. Bumbu yang ringan dengan citarasa pedas gurih akan membuat rasa ikan segar makin lezat. pastry dan bakery resep masakan ikan sehat tanpa minyak ala szechuan china Bahan resep masakan ikan sehat tanpa minyak ala szechuan china500 g ikan laut (kakap/tenggiri/gindara/tuna), potong-potong1 pcs bawang putih, parut
Bumbu resep masakan ikan sehat tanpa minyak ala szechuan china1 pcs bawang daun, ambil bagian bawah yang putih, iris panjang tipis1/2 pcs paprika hijau, iris halus1 batang sereh1 pcs cabe merah2 sdm kecap asin1 sdt ang ciu, jika suka1 sdt jahe, rajang halus1 sdt merica hitam, memarkan1 sdt minyak wijen
Cara membuat resep masakan ikan sehat tanpa minyak ala szechuan chinabalut ikan dengan bawang putih hingga rata. tempatkan ikan dalam piring atau tempat tahan panas. Taburi dengan Bumbu kukus dalam kukusan panas selama 30 menit. angkat, sajikan pana…