Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

butter atau mentega

butter atau mentegaButter adalah produk yang terbuat dari lemak susu dimana kedalamnya dapat ditambahkan garam untuk mendapatkan rasa yang lebih baik dan untuk menjaga mutu. Warna kuning pada mentega disebabkan zat warna β karoten yang terdapat dalam krim (cream).
Sebagian dari kita menghindari butter dan margarin karena takut pada kandungan lemaknya. Padahal, banyak zat gizi lain yang terdapat pada bahan makanan itu. Selain vitamin A dan D, juga terdapat zat besi, fosfor, natrium, kalium serta omega-3 dan omega-6.

butter atau mentega

Lemak dan minyak merupakan zat gizi penting untuk menjaga kesehatan manusia. Selain itu, lemak dan minyak merupakan sumber energi yang lebih efektif dibandingkan dengan karbohidrat dan protein. Sumbangan energi per gram lemak, protein, dan karbohidrat masing-masing 9, 4, dan 4 kkal.
Nilai gizi mentega sangat tergantung pada kandungan lemak dan vitamin yang larut dalam lemak. Butter merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan merupakan makanan berenergi tinggi, tidak mengandung laktosa (gula susu) maupun mineral serta kandungan proteinnya rendah.

butter atau mentega

butter atau mentega
butter mentega untuk kue pengetahuan tentang sejarah industri puding mentega resep kue cara membuat harga beda dan margarin bolu wisman manfaat gambar blue band pembuatan kacang proses adalah merek dengan butter cream buat cake ncc orchid bikin lembut enak room wysman apa bedanya antara aneka resep pastry bakery roti lemak gizi



Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3744-1995), Butter adalah produk makanan berbentuk padat lunak yang dibuat dari lemak atau krim susu atau campurannya, dengan atau tanpa penambahan garam (NaCl) atau bahan lain yang diizinkan, serta minimal mengandung 80 persen lemak susu.
Selain garam dapur, ke dalam butter juga ditambahkan vitamin, zat pewarna, dan bahan pengawet (misalnya sodium benzoat). Emulsi pada mentega merupakan campuran 18 persen air yang terdispersi pada 80 persen lemak, dengan sejumlah kecil protein (maksimal 1%) yang bertindak sebagai zat pengemulsi dan Bahan Kering Tanpa Lemak (Milk Solids-Non-Fat) tidak lebih dari 2 %.
Lemak butter sebagian besar terdiri dari asam palmitat, oleat dan stearat serta sejumlah kecil asam butirat dan asam lemak sejenis lainnya. Butter mengandung lebih banyak lemak jenuh atau saturated fats yakni 66 persen jika dibandingkan dengan lemak tak jenuhnya yakni 34 persen. Lemak jenuh ini biasanya terkait dengan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Bahan lain yang terdapat dalam jumlah kecil adalah vitamin A, E, dan D serta sebagai flavour adalah diasetil, lakton, butirat dan laktat. Produk butter yang diproduksi dikenal dengan mentega masam (sour butter), mentega manis (sweet butter), salted butter atau unsalted butter.

butter mentega untuk kue pengetahuan tentang sejarah industri puding mentega resep kue cara membuat harga beda dan margarin bolu wisman manfaat gambar blue band pembuatan kacang proses adalah merek dengan butter cream buat cake ncc orchid bikin lembut enak room wysman apa bedanya antara aneka resep pastry bakery roti lemak gizi


Cara pembuatan Butter



Proses pertama dalam pembuatan butter adalah pemisahan krim dari susu dengan menggunakan alat pemisah krim (krim separator) atau dengan pemisahan secara tradisional, yaitu susu disimpan semalam dalam suhu 40C, maka lemak susu akan terkumpul dibagian permukaan susu dan kumpulan lemak ini yang disebut dengan krim. Selanjutnya krim dipisahkan dengan mengambil menggunakan sendok. Sebelum digunakan, krim distandarisasi untuk mendapatkan kandungan lemak sekitar 30-33%, karena telah diketahui krim pada konsentrasi ini mempunyai sifat-sifat pengadukan (agitasi) yang paling baik.
Pasteurisasi krim dengan suhu 90-95C selama 30 menit bertujuan untuk membunuh sejumlah besar bakteri dan enzim-enzim seperti lipase sehingga meningkatkan mutu simpan produk akhir.
Proses pemeraman (aging) krim dilakukan pada suhu ≤ 100C selama 10-12 jam sebelum dilakukan penumbukan (agitasi) agar terjadi kristalisasi lemak. Adapun tingkat penumbukan krim ditentukan oleh:
suhu adukan, optimumnya 5-10C
kandungan lemak krim optimum 30-35%
jumlah krim dalam alat penumbuk 1/3 – ½ penuh
penyimpanan krim sebelum penumbukan, optimumnya 10C selama semalam.
Proses penumbukan bertujuan memisahkan bahan butter dari buttermilk. Suhu krim harus dipertahankan tidak melebihi 10C agar bahan butter tidak meleleh yang berakibat larut kedalam buttermilk sehingga kadar lemak butter menjadi rendah. Selama proses penumbukan, globula lemak bergabung. Diawali dengan terlihat pembentukan busa dan krim mengental dikarenakan terjadi pemasukan udara akibat proses penumbukan sehingga viskositas krim meningkat dan mulai terlihat butiran-butiran lemak terpisah.
Dalam proses penumbukan, krim mengalami perubahan fisik dari granula yang kecil atau lemak yang tidak tertumbuk akan larut kedalam butter milk sehingga terjadi kehilangan lemak, oleh karenanya kehilangan lemak harus ditekan sekecil mungkin.
Proses pencucian bahan butter dengan menggunakan air matang yang bersuhu 4C yang merupakan suhu awal penumbukan bertujuan membilas granula-granula butter agar bebas dari buttermilk terutama partikel curd, disamping menurunkan suhu mentega ke suhu semula.
Pemerasan bertujuan disamping untuk mengeluarkan sisa-sisa buttermilk juga untuk menurunkan kadar air sesuai dengan persyaratan (maksimal 16%). Pemerasan dilakukan dengan menekan permukaan butter sehingga sisa-sisa air pencuci keluar, dan dengan menekan dan mengaduk diharapkan tekstur butter menjadi lebih homogen, lebih kompak dan tidak terlihat granula-granula lemak yang memisah.
Air yang masih ada berupa titik-titik kecil dan merata diseluruh bahan butter sehingga permukaan mentega terlihat kering. Air yang masih bebas akan mempercepat rusaknya mentega. Warna mentega harus terlihat rata dan seragam, hal ini menunjukkan keseragaman kandungan air dalam setiap bagian butter.
Suhu mentega harus selalu dipertahankan rendah sehingga butter tidak lembek (meleleh).
Penambahan garam, butter untuk oles (table butter) biasanya mengandung garam sampai 3%, tetapi umumnya 0,5-2%. Dengan penambahan garam dapat memperbaiki rasa dan kualitas butter.
Pengemasan, kemasan yang umum digunakan adalah kertas perkamen, plastik, aluminium foil, karton maupun kaleng. butter yang sudah dikemas dengan rapat dan disimpan dalam kulkas tahan beberapa bulan, semakin rendah suhu penyimpanan semakin lama waktu simpannya.
Warna butter, garam dan air harus merata sehingga tidak terlihat air bebas dipermukaan butter. Teksturnya halus, tidak menggumpal dan mudah dioleskan, secara organoleptik penampakan bagus, flavor dan aroma lembut dan tidak tengik. Tingginya kandungan lemak butter merupakan sumber asam lemak esensial.

butter mentega untuk kue pengetahuan tentang sejarah industri puding mentega resep kue cara membuat harga beda dan margarin bolu wisman manfaat gambar blue band pembuatan kacang proses adalah merek dengan butter cream buat cake ncc orchid bikin lembut enak room wysman apa bedanya antara aneka resep pastry bakery roti lemak gizi

Bahan dan Alat

Bahan:


  • Krim
  • Garam
  • Air es steril
  • Cup plastik
Alat :

  • Panci
  • Pemanas
  • Krim separator


  • Pendingin
  • Termometer
  • Churn (Penumbuk)

Prosedur Pembuatan butter

Pemisahan krim dengan cara tradisional

  • Krim
  • Skim
  • Standarisasi lemak krim
  • Pasteurisasi krim 900C, 30 menit
  • Mendinginkan krim sampai suhu ruang (27C) dengan air mengalir
  • Penyimpanan krim pada 10C, selama 10-12 jam
  • Penumbukan sampai bahan butter terpisah dari buttermilk nya
  • Pemisahan bahan butter dengan menyaring
  • Pencucian bahan butter dengan air es suhu 4C dan bilas 3-4 kali
  • Pemerasan sisa air pencucian dengan cara menekan bahan mentega sehingga air keluar
  • Penggaraman 0,5-1% dari berat butter dan aduk rata
  • Pengemasan
  • Penyimpanan 4C


Oleh :

Cepi Kersani
(THL TBPP) Desa Cijambu Kec.Tanjungsari Kab.Sumedang)



jenis-jenis butter


1. Churned Butter

Churned butter adalah mentega tradisional yang dibuat dengan mengaduk susu yang telah dipasteurisasi hingga bentuknya lebih padat. Churned butter mengandung setidaknya 80% lemak, 16% air dan 3% susu murni.

2. Sweet Butter

Sweet butter adalah jenis churned butter yang dalam pembuatannya tidak menggunakan garam, jadi rasanya manis. Biasanya sweet butter ini digunakan sebagai penyeimbang rasa apabila kadar garam di dalam masakan/kue/roti terlalu banyak.

3. Light Butter

Light butter adalah jenis dari churned butted yang dalam pembuatannya telah ditambahkan air sebanyak 25% sehingga kadar lemak dalam mentega ini jauh lebih rendah. Light butter tidak cocok digunakan untuk memasak atau ditambahkan pada saus karena ia akan cepat meleleh dan menguap.

4. Cultured Butter

Cultured butter adalah mentega yang terbuat dari cream susu kemudian dalam proses fermentasinya ditambahkan bakteri. Mentega ini usianya jauh lebih lama dari churned butter, sehingga dapat disimpan lebih lama apabila tidak langsung digunakan.

5. Flavoured Butter

Flavoured butter biasanya digunakan sebagai bumbu instant untuk menyantap makanan, semisal jagung bakar, jagung rebus, roti, biskuit, dan lain sebagainya.

6. Blended Butter

Blended butter adalah mentega yang biasanya dalam penggunaan dicampur dengan beberapa minyak, seperti canola misalnya. Karena dicampur, bentuknya nyaris cair dan biasanya digunakan sebagai lapisan makanan.

7. Whey Butter

Whey butter memiliki warna yang jauh lebih kuning dari warna mentega biasanya, aromanyapun jauh lebih cheesy.

8. Whipped Butter

Whipped butter adalah mentega yang dibuat lebih ringan untuk sajian mentega di meja makan. Mentega ini digunakan untuk lapisan teman makan roti, pancake, dan lain sebagainya.

selanjutnya margarine

perbedaan Margarin dan Mentega Butter - Tahukan kalian apa perbedaan antara margarin dan mentega? Apakah kalian menganggap keduanya adalah .Perbedaan Margarin, Mentega, Butter dan Roombutter Yang katanya kurang baik dari margarin ini adalah lemak transnya. Jadi kalau beli .Butter Portugis : manteiga, mentega itu berasal dari cream susu . oil adalah sumber vitamin E. Semua jenis fat baik dari margarin, mentega maupun minyak . dan margarin. secara singkat perbedaan butter mentega dan margarine adalah butter atau mentega adalah lemak padat yang berasal dari lemak hewan, .Nah bagaimana cara membedakan magarine, mentega dan butter, mari kita A dan beberapa vegetables oil adalah sumber vitamin E. Semua jenis fat baik dari Nah sekarang sudah jelas kan masing-masing perbedaan, .Mentega, merupakan salah satu bentuk lemak yang berasal dari hewan lemak Itulah perbedaan antara margarin, mentega dan butter..Perbedaan Margarin dan Butter. Friday, | 15:42. Seringkali kita menyebut butter padahal produk yang dimaksud adalah margarin. Tahukah Anda .Berikut perbedaan Mentega, Margarine, dan Butter. 1. Mentega Mentega berasal dari lemak hewan. Mentega adalah makanan produk susu, .Beda Mentega, Margarin dan Butter. Berhubung Unsalted Butter mentega tawar dan Roombutter sebenarnya adalah mentega juga..

Mentega adalah emulsi air-dalam-minyak, kebalikan dari krim. Mentega dibuat dengan cara mengaduk butter churning krim susu menggunakan alat .Butter Portugis : manteiga, mentega itu berasal dari cream susu . oil adalah sumber vitamin E. Semua jenis fat baik dari margarin, mentega maupun minyak . dan margarin. secara singkat perbedaan butter mentega dan margarine adalah butter atau mentega adalah lemak padat yang berasal dari lemak hewan, .Perbedaan Margarin dan Butter. Friday, | 15:42. Seringkali kita menyebut butter padahal produk yang dimaksud adalah margarin. Tahukah Anda .Perbedaan yang pertama dari mentega dan margarin adalah dari bahan dasar saat pembuatannya. Mentega atau dikenal juga butter terbuat dari lemak susu . Dan satu yang menjadi beda mentega, butter dan margarin adalah bahan pembuatannya, B 'timers. Ya, tidak seperti mentega yang terbuat dari . Apa perbedaan antara margarine dengan butter. Butter mengandung sekitar 80 lemak, siasanya adalah air, padatan susu, dan kadang-kadang garam. Apa perbedaaan mentega dengan butter atau margarine?. Tak ada beda-bedanya lah! Mentega adalah salah satu produk turunan susu yang mengandung lemak jenuh cukup tinggi. yang sering membuat kue sering mengatakan hal ini : kalau mau kuenya wangi, pakai butter.. perbedaan mentega dengan margarin,dan butter,bedanya margarin dan Perbedaan mentega dan margarin yang paling utama adalah .

Sebagaimana kebanyakan para newbie in the kitchen, jangankan beda sponge cake dan butter cake, beda margarin dan mentega saja awalnya aku juga tidak tahu..Wisjman merupakan salah satu merk dari produk mentega atau butter. Perbedaan mentega dan margarin adalah mentega terbuat dari lemak hewani yang berasal dari. pastry dan bakery  Tidak mengocok mentega/butter terlalu lama, karena nastar bukan jenis kue yang harus mengembang berlebihan. Aduklah adonan dengan menggunakan spatula dan tidak .Pertama kali membuat nastar, aku terheran-heran karena nastarku ngembang gede-gede gendut gituw. Ada juga yang retak-retak. Kesulitan lainnya adalah bagaimana .JNC Cookies adalah sebuah merek kue kering roombutter berstandar internasional. Diproses dan diolah secara higienis menggunakan bahan baku berkualitas tinggi..Naah, inilah entry para peserta. So far oh so good-good semua! Editha Anggraeni. Resepnya pake resep NCC : Kaastengel Bahan: 200 gr mentega/butter.Sering ada pertanyaan dari teman2 di Diah Didi's Kitchen di fb tentang beda cupcake dan muffin. Secara tehnik sich jelas itu berbeda ya kalau cupcake itu adalah .Dalam resep-resep cookies yang sering saya baca dan saya coba, umumnya mentega dan gula pasir dikocok hingga kembang dan putih baru kemudian dimasukkan telur, .Membaca keluhan ibu saya langsung membuat cookies ini sesuai resep. Alhamdulillah tidak ada kesulitan. Menggunakan selai kacang creamy merk Skippy dan semua .

pastry dan bakery Wisjman merupakan salah satu merk dari produk mentega atau butter. Perbedaan mentega dan margarin adalah mentega terbuat dari lemak hewani yang berasal dari.Pertama kali membuat nastar, aku terheran-heran karena nastarku ngembang gede-gede gendut gituw. Ada juga yang retak-retak. Kesulitan lainnya adalah bagaimana membuat .Dalam resep-resep cookies yang sering saya baca dan saya coba, umumnya mentega dan gula pasir dikocok hingga kembang dan putih baru kemudian dimasukkan telur, tepung .Naah, inilah entry para peserta. So far oh so good-good semua! Editha Anggraeni. Resepnya pake resep NCC : Kaastengel Bahan: 200 gr mentega/butter.Membaca keluhan ibu saya langsung membuat cookies ini sesuai resep. Alhamdulillah tidak ada kesulitan. Menggunakan selai kacang creamy merk Skippy dan semua bahan .JNC Cookies adalah sebuah merek kue kering roombutter berstandar internasional. Diproses dan diolah secara higienis menggunakan bahan baku berkualitas tinggi..Sering ada pertanyaan dari teman2 di Diah Didi's Kitchen di fb tentang beda cupcake dan muffin. Secara tehnik sich jelas itu berbeda ya kalau cupcake itu adalah .Tidak mengocok mentega/butter terlalu lama, karena nastar bukan jenis kue yang harus mengembang berlebihan. Aduklah adonan dengan menggunakan spatula dan tidak .Sebagaimana kebanyakan para newbie in the kitchen, jangankan beda sponge cake dan butter cake, beda margarin dan mentega saja awalnya aku juga tidak tahu